Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
i
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
ii
Daftar Isi
A. Cara Akses Siap Kerjo dan Registrasi Akun ......................................................................... 1
B. Melengkapi Informasi Perusahaan dan Upload Dokumen ..................................... 5
C. Setup Status Lamaran Pekerjaan ............................................................................................ 8
D. Menambah Lowongan Pekerjaan ........................................................................................... 9
E. Menggunakan Fitur Rekomendasi Tenaga Kerja .......................................................... 11
F. Mengelola Lamaran Pekerjaan ................................................................................................ 13
G. Melakukan Panggilan Calon Karyawan dengan Fitur Pesan/Chat .................. 15
H. Laporan-Laporan .............................................................................................................................. 17
H.1. Menyusun Laporan Rencana Tenaga Kerja ..................................................................... 17
H.2. Menyusun Laporan Penempatan Tenaga Kerja ........................................................... 19
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
1
A. Cara Akses Siap Kerjo dan Registrasi Akun
Terdapat 2 cara untuk mengakses Siap Kerjo, yaitu melalu PC / laptop atau
melalui aplikasi Siap Kerjo mobile yang bisa didownload melalui Google
Playstore. Berikut langkah-langkanya:
1. Untuk mengakses Siap Kerjo melalui PC / Laptop, buka browser internet
Anda kemudian ketik https://siapkerjo.semarangkab.go.id.
2. Sedangkan jika Anda memiliki ponsel berbasis Android, Anda dapat
mengunduh aplikasi Siap Kerjo mobile melalui Google Play Store. Buka
aplikasi Google Playstore dan ketik Siap Kerjo Kab. Semarang” pada
kolom pencarian.
3. Lakukan instalasi dengan tab tombol Install.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
2
4. Setelah proses instalasi selesai, kini Anda dapat menggunakan semua
fitur Siap Kerjo.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
3
Berikut langkah-langkah registrasi akun penyedia kerja/perusahaan:
1. Akses url
https://siapkerjo.semarangkab.go.id/perus ahaan/regi strasi-
perusahaan atau melalui kotak dialog Login klik link registrasi dibawah.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
4
2. Selanjutnya, muncul form Registrasi Pencari Tenaga Kerja. Lengkapi
informasi perusahaan pada masing-masing isian.
3. Klik Simpan.
4. Selanjutnya, cek email yang telah Anda daftarkan. Baca instruksi yang
ada di dalam email.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
5
5. Setelah mendapatkan detail informasi di dalam email, Anda dapat Login
menggunakan username: email yang sebelumnya telah didaftarkan dan
password yang diinformasikan di dalam email.
B. Melengkapi Informasi Perusahaan dan Upload Dokumen
Setelah registrasi, akun Anda belum dapat sepenuhnya digunakan karena
perlu diaktivasi oleh admin Dinas Tenaga Kab. Semarang terlebih dahulu.
Untuk dapat diaktivasi Anda perlu melengkapi profil/informasi perusahaan
serta dokumen-dokumen pendukung untuk membuktikan bahwa perusahaan
yang Anda registrasikan real. Berikut langkah-langkahnya:
1. Setelah Login menggunakan Username dan Password, klik menu Profil
Saya di header.
2. Klik menu Edit Profil.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
6
3. Selanjutnya, muncul form Edit Data Perusahaan. Anda dapat
melengkapi data-data yang belum ada, seperti Logo Perusahaan,
Deskripsi Perusahaan, dan lain-lain.
4. Dan klik Simpan setelah selesai update data.
5. Lanjutkan dengan mengupload dokumen perusahaan. Klik tombol
Upload Dokumen sehingga muncul halaman Upload Dokumen.
Dokumen wajib yang harus diupload adalah NIB/SIUP dan KTP
penanggung jawab.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
7
6. Klik tombol Tambah Dokumen untuk mengupload dokumen satu-
persatu. Dokumen yang diperbolehkan diupload berekstensi
PDF/JPEG/JPG/PNG maksimal berukuran 500kb.
7. Klik Simpan dan lanjutkan untuk mengupload dokumen lain.
8. Langkah selanjutnya, Anda dapat menambahkan foto-foto perusahaan.
Klik tombol Upload Foto. Setelah muncul halaman Upload Foto, klik
tombol Tambah Foto untuk menambah foto. Foto-foto yang Anda
tambahkan nantinya dapat dilihat ketika pengunjung mengunjungi
halaman profil perusahaan.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
8
9. Dan untuk kemananan Anda wajib mengubah password default. Masih di
menu Profil Saya, Klik tombol Ubah Password.
Setelah semua kelengkapan informasi dan dokumen Anda lengkapi,
berikutnya tunggu hingga admin Disnaker Kab. Semarang mengaktifkan
akun perusahaan Anda. Akan diperoleh informasi melalu email setelah akun
perusahaan Anda diaktifkan. Dan setelah aktif Anda dapat menggunakan
layanan Siap Kerjo secara penuh untuk membuat listing lowongan pekerjaan,
melalukan rekrutmen karyawan, mengelola laporan, dan sebagainya.
C. Setup Status Lamaran Pekerjaan
Setiap melakukan rekrutmen karyawan terdapat tahap-tahap yang perlu
dilewati seperti, tahap interview, tes psikologi, tes kesehatan, dan lain-lain.
Karena setiap perusahaan memiliki tahapan rekrutmen yang berbeda-beda,
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
9
maka Anda dapat menentukan sendiri tahapan apasaja yang diperlukan
sesuai aturan perusahaan yang berlaku.
Berikut langkahnya:
1. Klik menu Setup Status Lamaran.
2. Muncul halaman Setup Status Lamaran. Klik tombol Tambah Status
Lamaran.
3. Pada form Setup Status Lamaran, ketik Nama Status Lamaran. Klik
Simpan untuk menyimpan.
4. Dengan langkah yang sama masukkan tahapan/status lamaran yang
lain.
D. Menambah Lowongan Pekerjaan
Setelah akun perusahaan aktif, Anda dapat mulai memposting lowongan
pekerjaan. Berikut langkahnya:
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
10
1. Klik menu Pekerjaan Tambah Pekerjaan.
2. Setelah muncul form Tambah Pekerjaan, mulai Anda isikan detail
lowongan pekerjaan yang ditawarkan.
3. Klik tombol Publikasikan setelah detail informasi lowongan Anda isikan.
Berikutnya, tunggu hingga informasi lowongan pekerjaan yang Anda
tambahkan diverifikasi oleh admin Disnaker Kab. Semarang. Setelah
terverifikasi, informasi lowongan pekerjaan akan tampil di Siap Kerjo dan
dapat dilamar oleh pencari kerja.
4. Semua lowongan pekerjaan yang Anda masukkan nantinya akan
ditampilkan pada tabel Daftar Pekerjaan.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
11
E. Menggunakan Fitur Rekomendasi Tenaga Kerja
Siap Kerjo dilengkapi dengan fitur rekomendasi tenaga kerja sehingga
memudahkan perusahaan / penyedia kerja dalam mencari calon tenaga
kerja. Fitur ini dapat digunakan secara manual maupun secara otomatis
sesuai dengan kriteria lowongan pekerjaan yang ditawarkan. Berikut
langkah-langkah menggunakannya:
1. Klik menu Pekerjaan Rekomendasi Tenaga Kerja.
2. Berikutnya, muncul tabel Rekomendasi Tenaga Kerja.
3. Klik tombol Rekomenasi Tenaga Kerja pada salah satu Posisi/Jabatan
yang Anda tawarkan.
4. Muncul halaman Rekomendasi Tenaga Kerja. Pada halaman ini
terdapat 2 fitur rekomendasi tenaga kerja. Dibagian bawah merupakan
rekomendasi tenaga kerja otomatis sesuai dengan kriteria jabatan yang
ditawarkan. Sedangkan dibagian atas yaitu fitur pencarian calon tenaga
kerja manual. Dengan fitur manual ini Anda dapat menggunakan filter
pendidikan terakhir.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
12
5. Jika menemukan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kriteria yang
dibutuhkan, Anda dapat mengirimkan tawaran dengan klik tombol Kirim
Tawaran.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
13
6. Tawaran akan dikirim ke Calon Tenaga Kerja yang Anda pilih.
F. Mengelola Lamaran Pekerjaan
Setiap pelamar yang mengirimkan lowongan pekerjaan yang Anda tawarkan
dapat langsung Anda kelola melalui Siap Kerjo. Berikut langkahnya:
1. Jika ada calon tenaga kerja yang mengirimkan lamaran pekerjaan, dapat
Anda lihat melalui halaman dashboard serta menu Kelola Lamaran.
Khusus pada menu Kelola Lamaran, akan muncul notifikasi jumlah
pelamar.
2. Klik menu Kelola Lamaran untuk melihat detil calon tenaga kerja
melamar pada posisi/jabatan yang mana.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
14
3. Untuk melihat siapa saja pelamar yang mengajukan lamaran pada
jabatan / posisi tertentu, klik tombol Daftar Lamaran pada tabel.
4. Selanjutnya, ada dapat melakukan pengecekan pada data tiap pelamar
dengan klik Detail Lamaran.
5. Lakukan verifikasi data pelamar. Jika sesuai dengan kriteria yang
dibutuhkan, Anda bisa klik Terima atau Tolak jika kriteria pelamar tidak
sesuai.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
15
6. Jika lamaran calon tenaga kerja Anda terima, lanjutkan dengan
mengupdate Status Pelamar. Di bagian bawah pada halaman Detail
Lamaran, Anda dapat memilih Status Pelamar. Klik Simpan.
G. Melakukan Panggilan Calon Karyawan dengan Fitur Pesan/Chat
Langkah selanjutnya setelah Anda menerima calon karyawan adalah dengan
melakukan panggilan untuk mengikuti seleksi. Secara umum pemanggilan
calon karyawan dapat melalui email, telepon, atau WA.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
16
Selain menggunakan komunikasi diatas, di Siap Kerjo telah dilengkapi fitur
chat/pesan untuk melakukan komunikasi dengan calon karyawan. Berikut
langkah menggunakannya:
1. Klik menu Pesan.
2. Setelah muncul halaman Pesan, klik Tambah Pesan.
3. Pada form Pesan, Anda isikan Judul, pilih Penerima, dan isikan detail
Pesan.
4. Klik Kirim untuk mengirimkan pesan. Semua pesan yang Anda kirimkan
dapat dilihat pada tab Pesan Keluar.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
17
H. Laporan-Laporan
H.1. Menyusun Laporan Rencana Tenaga Kerja
Berikut langkah-langkah menyusun laporan rencana tenaga kerja:
1. Klik menu Laporan Laporan Rencana Tenaga Kerja.
2. Setelahnya, muncul halaman Master Laporan Rencana Tenaga
Kerja.
3. Klik tombol Tambah Master Laporan Rencana Tenaga Kerja dan
tentuan Tahun Laporan Rencana Tenaga Kerja.
4. Klik Simpan. Selama proses penyusunan dan laporan belum
dikirim ke Disnaker Kab. Semarang, maka Status laporan adalah
Proses Penyusunan.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
18
5. Klik Detail Laporan. Pada halaman selanjutnya, klik tombol
Tambah Laporan Rencana Tenaga Kerja.
6. Lengkapi form Tambah Laporan Rencana Tenaga Kerja dan klik
Simpan.
7. Dengan langkah yang sama Anda tambahkan data Laporan
Rencana Tenaga kerja yang lain.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
19
8. Laporan Rencana Tenaga Kerja dapat dilaporkan ke Disnaker Kab.
Semarang dengan mengklik tombol Kirim Laporan ke Dinas.
Setelah dikirim, laporan akan terkunci dan tidak dapat diubah/edit.
H.2. Menyusun Laporan Penempatan Tenaga Kerja
Berikut langkah-langkah menyusun laporan penempatan tenaga kerja:
1. Klik menu Laporan Laporan Penempaatan Tenaga Kerja.
2. Setelahnya, muncul halaman Master Laporan Penempatan
Tenaga Kerja.
3. Klik tombol Tambah Master Laporan Penempatan Tenaga Kerja
dan tentuan Tahun Laporan Penempatan Tenaga Kerja.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
20
4. Klik Simpan. Selama proses penyusunan dan laporan belum
dikirim ke Disnaker Kab. Semarang, maka Status laporan adalah
Proses Penyusunan.
5. Klik Detail Laporan. Pada halaman selanjutnya, klik tombol
Tambah Laporan Penempatan Tenaga Kerja.
6. Lengkapi form Tambah Laporan Penempatan Tenaga Kerja dan
klik Simpan.
7. Dengan langkah yang sama Anda tambahkan data Laporan
Penempatan Tenaga kerja yang lain.
Panduan Penyedia Kerja Siap Kerjo Disnaker Kab. Semarang
21
8. Laporan Rencana Tenaga Kerja dapat dilaporkan ke Disnaker Kab.
Semarang dengan mengklik tombol Kirim Laporan ke Dinas.
Setelah dikirim, laporan akan terkunci dan tidak dapat diubah/edit.